Mengenal Berbagai Jenis Sakit Kepala Yang Paling Sering Terjadi

Diposting pada

Sakit kepala secara medis dikenal sebagai Cephalalgia yang dilafalkan menjadi Cephalgia adalah suati kondisi terdapatnya rasa sakit didalam kepala. Kadang sakit di belakang leher atau punggung bagian atas, disebut juga sebagai sakit kepala. Jenis penyakit ini termasuk jenis penyakit dalam keluhan-keluhan penyakit yang sering diutarakan.
Sakit kepala adalah masalah universal, dengan prevalensi hampir 99% danmerupakan alasan paling untuk rujukan neorologis. Sakit kepala bisa memiliki makna klinis sedikit akan tetapi juga mungkin menjadi pertanda adanya penyakit yang mengancam jiwa. Rasa sakit kepala disebabkan oleh traksi atau penarikan, perpindahan, peradangan, spasme dari pembuluh darah, atau distensi dari struktur dikepala atau lehee yang sensitif terhadap rasa nyeri.
Sakit kepala merupakan jenis sakit yang paling umum yang dialami oleh setiap orang. Rasa sakitnya bisa ringan sampai berat di kepala, kulit kepala dan hingga menjalar ke leher. Sebagaian besar sakit kepala bertahan dalam waktu singkat, jenis sakit kepala lainnya dapat berlangsung selama berjam-jam dan sering kali sampai berhari-hari. Perawatan sakit kepala mungkin juga termasuk dalam perubahan gaya hidup, relaksi dan terapi obat juga dibutuhkan.

Berikut beberapa jenis sakit kepala yang paling umum terjadi :

  1. Migrain
    Migrain merupakan serangan sakit kepala sebelah berulang yang disertai dengan rasa nyeri ringan hingga parah dan sering membuat penderitanya tidak berdaya.
  2. Sakit Kepala Tegang (Tension Headache)
    Merupakan kondisi yang sering dialami orang-orang pada umumnya. Sakit kepala tegang sering dikenal dengan (Sakit kepala sehari-hari) karena hampir setiap orang pernah mengalaminya. Rasa sakit pada bagian kanan kepala ini merupakan jenis sakit kepala yang paling umum, meskipun belum di temukan kejelasan pasti penyebabnya. Selain itu, kamu yang sering sakit kepala di bagian kanan kepala mungkin juga merasa kaku di belakang leher dan otot bahu kemudian menyebar kedepan dan merasa adanya tekanan di belakang mata secara bersamaan dengan tekanan pada rahang.
  3. Sakit Kepala Cluster
    Merupakan sakit kepala sebelah di salah satu sisi kepala, hampir sema dengan Migrain. Bedanya, rasa nyeri yang intens terjadi secara tiba-tiba dan cenderung muncul di belakang mata atau di area sekitar mata. Selain nyeri yang intens, gejala lainnya dari sakit kepala cluster ini mata memerah dan berair, pupil mengecil dan hidung berair.
  4. Sakit Kepala Hormon
    Merupakan sakit kepala yang sering terjadi pada wanita khususnya saat mendekati atau selama siklus menstruasi (Menopause), pemicu lainnya setelah kehamilan atau saat mengkonsumsi Pil KB.
    Meski sakit kepala belakang maupun sakit kepala sebelah tidak mengancam jiwa, namun kondisi ini bisa jadi tanda adanya kondisi kesehatan yang lebih serius seperti stroke.
  5. Sakit Kepala Sinus
    Merupakan nyeri yang intens dan konstan ditulang pipi, dahi atau batang hidung. Terkadang gejala sakit kepala sinus ini hampir mirip dengan gejala migrain. Kondisi ini disebabkan akibat adanya infeksi virus, seperti Flu.
  6. Vertigo
    Merupakan salah satu jenis sakit kepala dimana penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya (biasanya gerakan berputar atau melayang) yang disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular. Vertigo sering kali dengan gejala mual dan muntah serta ketidakmampuan penderita menjaga keseimbangan badan, yang menyebabkan penderita mengalami kesulitan berdiri atau berjalan.
    Vertigo dibagi menjadi tiga tipe. Tipe pertama dikenal dengan objektif dimana penderita merasa benda-benda disekitarnya bergerak. Tipe kedua dikenal dengan subjektif dimana penderita merasa mereka bergerak pada saat mereka sedang diam. Dan tipe ketiga dikenal dengan Pseudovertigo dimana penderita merasa sendasi gerakan berputar didalam kepala.

Diata merupakan beberapa jenis sakit kepala yang paling umum terjadi. Sakit kepala, sakit kepala sebelah kiri, sakit kepala sebelah kanan, migrain, vertigo, sakit kepala hormon, sakit kepala sinus, sakit kepala cluster, sakit kepala tipe tegangan, migren, penyebab sakit kepala, sakit kepala bagian belakang, sering sakit kepala bagian belakang, sering sakit kepala bagian kanan kepala, sering sakit kepala bagian kiri kepala, sering sakit kepala tiba-tiba, gejala migren, gelaja migrain, cephalalgia, cephalgia, sakit kepala tegang, gejala sakit kepala.
Diatas merupakan beberapa jenis sakit kepala yang paling umum terjadi.

Jangan lupa share and komen sahabat Ade21.

banner 468x60)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *